Rabu, 13 April 2011

makalah manajemen keuangan

Tugas :
MANAJEMEN KEUANGAN

OLEH :
kelompok II (kelasII.c)
Lisarti Darmayanti 909312910106. 149
yuliana A 909312910106. 150
Reski Suciana 909312910106. 151
Murdianti DOY 909312910106. 152

PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN AVICENNA
KENDARI
2011


KATA PENGANTAR

Assalamu ‘alaikum wr. Wb.
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya jualah sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “manajemen keuangan” tepat pada waktunya tanpa adanya hambatan yang berarti. Terimakasi yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada dosen pembimbing, teman-teman, dan berbagai pihak yang turut membantu baik langsung maupun tidak langsung dalam penyelesaian makalah ini.
Kami menyadari bahwa makalah yang kami sajikan saat ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah-makalah selanjutnya.
April , 2011
PENULIS

DAFTAR ISI
Kata pengantar
Daftar isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Manajemen Keuangan
B. Fungsi Manajemen Keuangan
C. Keputusan dan Tanggung Jawab Manajer Keuangan
D. Kedudukan Manajer Keuangan Dalam Struktur Organisasi Perusahaan
E. Tujuan Manajemen Keuangan Pada Perusahaan
F. Lingkungan Keuangan
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
REFERENSI
BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Manajer keuangan berkepentingan dengan penentuan jumlah aktiva_yang layak dari investasi pada berbagai aktivasi dan pemilihan sumber-sumber dan untuk membelanjai aktiva-aktiva tersebut. Untuk membelanjai kebutuhan dan ater sebut, manajer keuangan dapat memenuhinya dari`sumber yang berasal dari luar perusahaan dan dapat juga yang berasal dari dalam perusahaan. Sumber dari luar perusahaan berasal dari pasar modal, yaitu pertemuan antara pihak membutuhkan dana dan pihak yang dapat menyediakan dana. Dana yang berasal dari pasar modal ini dapat berbentuk hutang (obligasi) atau modal sendiri (saham).
B. RUMUSAN MASALAH
1. Apa pengertian manajem keuangan ?
2. Apa fumgsi manajemen keuangan ?
3. Bagaimana tanggung jawab menejer keuangan ?
4. Baga mana Kedudukan ManajerKeuangan Dalam Struktur Organisasi Perusahaan ?
5. Bagaimana Tujuan Manajemen Keuangan Pada Perusahaan ?
6. Apasaja Lingkungan Keuangan ?

C. TUJUAN
1. Untuk mengetahui pengertian manajemen keuangan
2. Untuk mengetahui fungsi manajemen keuangan
3. Untuk mengetahuI tanggung jawab menejer
4. Untuk mengetahui kedudukan menejer dalam struktur organisasi di perusahaan
5. Untuk mengetahui tujuan manajemen keuangan pada perusahaan
6. Untuk mengetahui lingkungan keuangan


BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan merupakan manajemen terhadap fungsi- fungsi keuangan. Fungsi-fungsi keuangan tersebut meliputi bagaimana memperoleh dana (raising of fund) dan bagaimana menggunakan dana tersebut (allocation of fund). Manajer keuangan berkepentingan dengan penentuan jumlah aktiva yang layak dari investasi padaberbagai aktiva dan pemilihan sumber-sum berdan untuk membelanjai aktiva tersebut.
Beberapadefinisi :
1. Manajemen Keuangan adalah aktivitas pemilik dan manajemen perusahaan untuk memperoleh sumber modal yang semurah-murahnya dan menggunakannya se-efektif, se-efisien, seproduktif mungkin untuk menghasilkan laba.
2. Manajemen keuangan dapat didefinisikan dari tugas dan tanggung jawab manajer keuangan. Meskipun tugas dan tanggung jawabnya berlainan di setiap perusahaan, tugas pokok manajemen keuangan antara lain meliputi : keputusan tentang investasi, pembiayaan kegiatan usaha dan pembagian dividen suatu perusahaan (Weston dan Copeland, 1992: 2)
3. Manajemen Keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencariandanpenyimpanandana yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan.
B. Fungsi Manajemen Keuangan
Manajemen keuangan dapat didefinisikan dari tugas dan tanggung jawab manajer keuangan.Tugas pokok manajemen keuangan antara lain meliputi keputusan tentang investasi, pembiayaan kegiatan usaha dan pembagian deviden suatu perusahaan, den gan demikian tugas manajer keuangan adalah merencanakan untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Kegiatan penting lain yang harus dilakukan manajer keuangan menyangkut empat (4) aspek yaitu:
1. Pertama,yaitu dalam perencanaan dan peramalan , dimana manajer keuangan harus bekerja sama dengan para manajer lain yang ikut bertanggung jawab atas perencanaan umum perusahaan.
2. Kedua,manajer keuangan harus memusatkan perhatian pada berbagai keputusan investasi dan pembiayaan, serta segala hal yang berkaitan dengannya.
3. Ketiga,manajer keuangan harus bekerja sama dengan paramanajer lain di perusahaan agar perusahaan dapat beroperasi seefisien mungkin
4. Keempat, menyangkut penggunaan pasaruang dan pasar modal, manajer keuangan menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan, di mana dana dapat diperoleh dan surat berharga perusahaan dapat diperdagangkan.
C. Keputusan dan Tanggung Jawab Manajer Keuangan
Manajer keuangan mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap apa yang telah dilakukannya.Ada pun keputusan keuangan yang menjadi tanggung jawab manajer keuangan dikelompokkan ke dalamtiga (3) jenis:
1. Mengambil keputusan investasi (investment decision), Menyangkut masalah pemilihan investasi yang diinginkan dari sekolompok kesempatan yang ada, memilih satu atau lebih alternative investasi yang dinilai paling menguntungkan.
2. Mengambil keputusan pembelanjaan (financing decision), Menyangkut masalah pemilihan berbagai bentuk sumber dana yang tersedia untuk melakukan investasi, memilih satu atau lebih alternative pembelanjaan yang menimbulkan biaya paling murah.
3. Mengambil keputusan dividen (dividend decision) atau dividen policy, Menyangkut masalah penentuan besarnya persentase dari laba yang akan dibayarkan sebagai dividen tunai kepada para pemegang saham, stabilitas pembayaran dividen, pembagian saham dividen dan pembelian kembali saham-saham.
D. KedudukanManajerKeuanganDalamStrukturOrganisasi Perusahaan
Di dalam perusahaan yang besar bidang keuangan dipimpin oleh seorang manajer keuangan (chief financial manager). Manajer keuangan atau sering disebut direksi keuangan melaporkan secara langsung kepada direktur keuangan atau presiden direktur.
Sedangkan didalam departemen keuangan dalam suatu perusahaan dibagi lagi kedalam beberapa bagian / divisi yang dipunyai oleh seorang kepada divisi meliputi:
1. Divisi anggaran, bertanggung jawab untuk mempersiapkan dan memperbaiki bug detoperasi (operating bugdet)
2. Divisi penganggaran modal (capital budgeting) yang bertanggung jawab untuk mempersiapkan analisis pengeluaran modal
3. Divisi perencanaan keuangan, yang bertanggung jawab untuk mengambil alternative pemenuhan kebutuhan dana jangka panjang
4. Divisi perencanaan keuangan jangka pendek, yang bertanggung jawab terhadap pemenuhan kebutuhan dana jangka pendek, serta investasi jangka pendek pada surat berharga (marketable securities)
5. Divisikredit, bertanggung jawab untuk menentukan kredit yang akan diberikan kepada langganan, disamping itu divisi ini juga bertanggung jawab dalam negoisasi dengan kreditor (lembaga keuangan Bank dan bukan Bank)
6. Divisi hubungan masyarakat (human relation), bertanggung jawab terhadap pembentukan image / komunikasi antara perusahaan, pemegang saham, para investor dan masyarakat keuangan secara umum.
E. Tujuan Manajemen Keuangan Pada Perusahaan
Pada dasarnya tujuan manajemen keuangan (The Main Objective of Financial Management) adalah memaksimumkan nilai perusahaan atau memaksimumkan kemakmuran pemegang saham, bukan memaksimumkan profit.Arti memaksimumkan profit, berarti mengabaikan tanggung jawab social, mengabaikan risiko, dan berorientasi jangka pendek. Sedangkan arti memaksimumkan kemakmuran pemegang saham atau nilai perusahaan sebagai berikut:
1. Berarti memaksimumkan nilai sekarang (present value) semua keuntungan di masa datang yang akan diterima oleh pemilik perusahaan.
2. Berarti lebih menekankan pada aliran hasil bukan sekedar laba bersih dalam pengertian akuntansi.
Tujuan perusahaan pada dasarnya adalah memaksimumkan nilai perusahaan dengan pertimbangan teknis sebagai berikut :
1.Memaksimumkan nilai bermakna lebih luas daripada memaksimumkan laba, karena memaksimumkan nilai berarti mempertimbangkan pengaruh waktu terhadap nilai uang.
2. Memaksimumkan nilai berarti mempertimbangkan berbagai resiko terhadap arus pendapatan perusahaan.
3. Mutu dari arus dana yang diharapkan diterima di masa yang akan dating mungkin beragam.
F. Lingkungan Keuangan

Aspek lingkungan yang penting dipahami para manajer keuangana dalah sector keuangan di bidang perekonomian, yang terdiri dari pasar keuangan (financial markets), lembaga keuangan (financial institutions) dan instrument keuangan (financial instruments).
1. Pasar keuangan, menunjukkan pertemuan antara permintaan dan penawaran akan aktivafinansial (financial asset) atau sering disebut sebagai sekurities. Sekurities adalah secarik kertas (surat) yang mempunyai nilai pasar karena surat tersebut menunjukkan kalimat asaktivariil perusahaan (misalnyamesin-mesin, pabrik, bahan baku, barang dagangan, merek dagang, dll.)
2. Lembag akeuangan yaitu lembaga yang berperan sebagai lembaga intermediari (financial intermediation) dengan mempertemukan unit surplus dengan unit defisit. Contoh lembaga keuangan dalam system monetera dalah Bank sentral, Bank pencipta uang giral/bank umum. Lembaga keuangan dan di luar system moneter (bank bukan pencipta uang giral/BPR), lembaga pembiayaan, perusahaan asuransi, dana pensiun, lembaga di bidang pasar modal, dll.
3. Instrumen Keuangan, contohnya adalah uang, saham, hutang, dan surat berharga di pasar uang dan pasar modal lainnya.



BAB III
PENUTUP


A. Kesimpulan
Dari pembahasan di atas, dapat di tarik kesimpulan bahwa dalam suatu perusahaan manajemen keuangan harus diperhatikan denganbaik. Agar bisamengetahui untung dan rugi dari suati perusahaan. Sehingga apabila perusahaan mengalami kerugian, maka dapat direncanakan langkah selanjutnya untuk mengatasi masalah yang kemungkinan akan ada.


REFERENSI

http://prasasto.blogspot.com/2008/08/rangkuman-materi-manajemen-keuangan-i.html

2 komentar: